Pentingnya Jemanii Indukan Sendiri

>> Rabu, 24 September 2008


Apakah anda penasaran dengan foto jemanii yang berada di "About This Blog"? Foto itu adalah foto indukan jemanii yang sampai sekarang masih ada dan agak rusak sedikit.

Pertanyaan kali ini, seberapa pentingkah memiliki jemanii indukan sendiri? Jawabannya: Sangat penting. Di samping kita bisa mengetahui anakan dan karakternya, ini akan membuat harga anakan yang kita jual semakin banyak untungnya.

Coba kita hitung, dulu orangtua saya membeli indukan jemanii itu dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp. 20 juta (tahun 2006). Setelah 2-3 bulan pembelian, indukan itu menghasilkan 400 biji jemanii. Di antaranya terdapat jemanii golden juga. Tetapi, ayah saya tidak langsung menjual biji. Ayah saya menjual dengan kondisi daun 2-3, ditunggu kira-kira 1-2 bulan. Pada waktu itu harga jual jemanii bibitan sudah mencapai Rp.200.000/satu bibitan.

Tugas anda untuk menghitung, masih untungkah mempunyai indukan sendiri? Asal tahu saja, di rumah masih terdapat beberapa jemanii golden dan 10 jemanii yang sekarang sudah tumbuh besar. Mau?

0 komentar:

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP